banner 728x250

Mahasiswa Apoteker Retaker Mengantri, Pendaftaran Mahasiswa PSPA Jalan Terus

  • Bagikan
banner 468x60

Dari laman PMB (Penerimaan Mahasiswa Baru) online salah satu kampus yang diakses WARTA-APOTEKER.com malam ini, Jum’at 22 Oktober 2021, terlihat bahwa jadwal PMB gelombang pertama sudah dibuka sejak awal Oktober 2021.

Masih di kampus yang sama, terlihat jadwal PMB lebih dari tiga gelombang. Hal yang sama juga terlihat pada laman PMB kampus lainnya.

banner 336x280

PEMINATAN APOTEKER
Beberapa kampus penyelenggara PSPA sudah melakukan peminatan terhadap calon mahasiswa. Seperti pada Program Studi Profesi Apoteker Sekolah Farmasi ITB membuka 2 jalur peminatan, yaitu :

  1. Produksi dan Pengawasan Mutu (PPM)
  2. Pelayanan Farmasi (PF)

Kedua program peminatan tersebut memiliki perbedaan, baik pada pemilihan mata kuliah, kerja praktek profesi dan ujian akhir apoteker, disesuaikan dengan fokus bidang tugas lulusan masing-masing peminatan tersebut.

Sementara itu di Program Studi Profesi Apoteker UI menyediakan 2 (dua) pilihan peminatan :

  1. Praktek Kerja Profesi Apoteker di Industri Farmasi (Peminatan I)
  2. Praktek Kerja Profesi Apoteker di Rumah Sakit dan Puskesmas (Peminatan II)

ALUMNI DAN NON ALUMNI
Saat ini menurut data APTFI, jumlah prodi apoteker terdapat 50 program studi. Data per Januari 2021, dari ke-50 program studi profesi apoteker tersebut, 14 PSPA berpredikat akreditasi A, 24 PSPA berpredikat B, 2 PSPA berpredikat C dan sisanya (10 PSPA) belum terakreditasi.

Tidak dipungkiri bahwa ke-50 PSPA tersebut mendahulukan alumninya dibandingkan lulusan non alumni. Sementara jumlah program studi sarjana farmasi, dari data yang sama diketahui jumlahnya mencapai 295 (10 November 2020).

Jika dirinci lebih jauh, dari 295 prodi tersebut, diketahui bahwa diantaranya ada penyelenggara program studi yang mengalami alih bentuk atau melakukan merger. Sehingga lebih kurang jumlah prodi sarjana farmasi terdapat 274 prodi.

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Respon (1)

  1. Seharusnya PN ukai dapat berbenah diri terhadap hasil ukai kemarin bicara untuk soalnya yang penuh kontroversi dan tidak ada keterbukaan sampai saat ini atau memberi keterangan terhadap rasa kecewa mahasiswa yang gagal. Rasa diundur dua bulan dan kecewa bertumpuk jadi satu, saya harap bukan soal uang yang diangkat untuk sistem pendidikan apoteker lihat kondisi lapangan dan kondisi mahasiswa saat ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *