Jurnalisme Apoteker
Redaksi Warta Apoteker Menerima Artikel / Opini Sejawat Apoteker Indonesia. +62-812-1067-4892
Kantor Berita Apoteker Indonesia
Subagiyo Dot ComApoteker Indonesia
ATV Motor
ATV Motor
Kantor Berita Apoteker Indonesia

APTFI Memberikan 18 Rekomendasi Pembukaan PSPA Dalam 6 Bulan Terakhir

Pendampingan APTFI Mempercepat Dan Memfasilitasi Pembukaan PSPA

banner 468x60

YOGYAKARTA, WARTA APOTEKER – Menjawab pertanyaan WARTA APOTEKER mewakili pertanyaan beberapa Ketua Prodi Farmasi, Ketua APTFI, Prof. Yandi menyebutkan bahwa dalam dokumen yang lama masih diminta status akreditasi Prodi Sarjana Farmasi baik sekali.

Untuk dokumen baru sesuai Permendikbud No. 52 Tahun 2023, peringkat akreditasi sudah disederhanakan, mestinya ada perubahan aturan,” lanjut Prof. Yandi

Promo Lebaran 1445H

Ketua APTFI melanjutkan bahwa, APTFI secara lembaga telah berikirim surat ke LAM-PTKes terkait rekomendasi perubahan dokumen adminstrasi yang tidak mempengaruhi substansi kualitas program studi baru yang dibuka.

PENDAMPINGAN APTFI DALAM PEMBUKAAN PSPA
Untuk mempercepat dan memfasilitasi pembukaan PSPA, APTFI selama ini sudah melakukan upaya berupa pendampingan.

“Dalam waktu 6 bulan, APTFI sudah memberikan18 rekomendasi pembukaan PSPA baru,” terang Prof. Yandi

Dengan demikian pemberian rekomendasi, Prof. Yandi menyebutkan bukan berarti mempersulit namun membantu mempercepat pembukaan PSPPA melalui pendampingan.

PD IAI Papua hadiri Forum Diskusi Studi Kelayakan Pembukaan Program Studi Profesi Apoteker (PPSPA) di Universitas Cenderawasih. (Foto: Istimewa / IG pdiai_papua)

Beredar luas di media perbincangan WhatsApp, surat Direktorat Jenderal  Pendidikan Tinggi, Riset, Dan Teknologi  tertanggal 1 Maret 2024.

Salah satu poin yang dijelaskan dalam surat tersebut adalah tidak diperlukannya surat  rekomendasi dari Kolegium dan Asosiasi Profesi Apoteker untuk Perguruan Tinggi yang mengusulkan Program Studi PendidikanProfesi Apoteker.

Ditemukan dalam post IG PD IAI Papua, 9 Maret 2024, PD IAI Papua hadiri Forum Diskusi Studi Kelayakan  Pembukaan Program Studi Profesi Apoteker (PPSPA) di Universitas Cenderawasih, hadir Ketua PD IAI Papua Bapak apt. Edward Manik Sihotang, M.Kes, dan apt.Alexmin Christian.S.Si.

Kegiatan dihadiri oleh Dekan FMIPA Bapak Dr. Dirk. Y.P Runtuboi, M. Kes, DR. apt. Septriyanto Dirgantara, M. Farm, dan Ibu apt. Nurfadilah Bakri, M. Farm selaku Ketua Jurusan Farmasi Uncen.

Terkait hal ini, Prof. Yandi mengakui APTFI sudah melakukan komunikasi untuk mempercepat pembukaan PSPA dan mengirimkan panduan pengisian dokumen, saat ini menunggu penyiapan dokumen dari Uncen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *