Jurnalisme Apoteker
Redaksi Warta Apoteker Menerima Artikel / Opini Sejawat Apoteker Indonesia. +62-812-1067-4892
Kantor Berita Apoteker Indonesia
Subagiyo Dot ComApoteker Indonesia
ATV Motor
ATV Motor
Kantor Berita Apoteker Indonesia

Sidang Terbuka Pelantikan Apoteker, Tertutup Bagi Organisasi Profesi

Tidak Ada Organisasi Profesi, KIFI-pun Jadi

Sidang terbuka pengambilan sumpah/janji apoteker bagi mahasiswa program studi Pendidikan Profesi Apoteker angkatan 46 di Ruang Drost, Kampus III, Universitas Sanata Dharma, Sabtu (20/4/2024). (Foto: Istimewa / Detik - dok. Humas USD)
banner 468x60

YOGYAKARTA, WARTA APOTEKER – Hingga Sabtu, 20 April 2024 yang lalu, setidaknya sudah ada dua kampus yang menyelenggarakan Pelantikan dan Angkat Sumpah Apoteker.

Salah satunya adalah Fakultas Farmasi Universitas Sanata Dharma (USD) yang melantik 91  apoteker baru, pada Sabtu 20 April 2024.

Promo Lebaran 1445H

BACA JUGA: Angkat Sumpah Dan Pelantikan 91 Apoteker Baru UII Paska Disahkannya UU Kesehatan

TANPA ORGANISASI PROFESI APOTEKER
Ada yang menarik dan berbeda pada kegiatan Pelantikan dan Angkat Sumpah Apoteker bila dibandingkan dengan kegiatan serupa pada periode sebelumnya.

Tidak seperti lazimnya kegiatan serupa selalu dihadiri oleh perwakilan dari salah satu organisasi profesi apoteker, kali ini tidak ada perwakilan dari tingkat pusat maupun daerah seperti biasanya.

BACA JUGA: Angkat Sumpah Dan Pelantikan 91 Apoteker Baru UII Paska Disahkannya UU Kesehatan

PERUBAHAN TATA CARA PELAKSANAAN SUMPAH/JANJI APOTEKER
Sebagai informasi, tata cara pelaksanaan sumpah janji apoteker diatur dalam Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor. HK.02.02/MENKES/413/2014 Pelaksanaan pengambilan Sumpah/Janji Apoteker dilakukan dalam bentuk sidang terbuka yang diselenggarakan tersendiri dengan mengenakan jas profesi apoteker.

Dalam Keputusan Menteri Kesehatan tersebut dijelaskan unsur sidang secara lengkap antara lain tentang Dewan Sidang, Peserta Sidang dan Kelengkapan Sidang.

No Dewan Sidang Peran
1 Pimpinan Perguruan Tinggi Representasi Perguruan Tinggi
2 Pimpinan Fakultas atau Sekolah Tinggi Farmasi Sebagai Ketua Sidang, membuka sidang dan menutup sidang
3 Ketua Program Studi Apoteker Membacakan Surat Keputusan Kelulusan
4 Ketua Komite Farmasi Nasional Representasi Kementerian Kesehatan
5 Ketua Pengurus Ikatan Apoteker Indonesia Representasi Organisasi Profesi

KOLEGIUM ILMU FARMASI INDONESIA
Kolegium Ilmu Farmasi Indonesia adalah badan fungsional organisasi Ikatan Apoteker Indonesia, merupakan  badan pengampu disiplin ilmu Farmasi yang bertanggungjawab kepada Pengurus Pusat IAI.

KIFI memilik visi untuk menghasilkan apoteker, apoteker Spesialis, apoteker advance dan tenaga kefarmasian  lainnya yang memiliki kemampuan akademik dan profesional yang tinggi sesuai dengan standar regional maupun  internasional, menjunjung tinggi etika serta berperan dalam pelayanan kefarmasian yang berkualitas khususnya  untuk memenuhi kebutuhan di Indonesia.

Anggota KIFI terdiri atas unsur IAI, Komite Farmasi Nasional (KFN), Asosiasi Perguruan Tinggi Farmasi  Indonesia (APTFI), Asosiasi Pendidikan Diploma Farmasi Indonesia (APDFI), unsur Himpunan Seminat dan unsur praktisi apoteker.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *