Jurnalisme Apoteker
Redaksi Warta Apoteker Menerima Artikel / Opini Sejawat Apoteker Indonesia. +62-812-1067-4892
Kantor Berita Apoteker Indonesia
Subagiyo Dot ComApoteker Indonesia
ATV Motor
ATV Motor
Kantor Berita Apoteker Indonesia

Mengelola Obat Anda Saat Anda Mudik Ala Apoteker

CILEUNGSI, WARTA APOTEKER – Tiket, OK. THR buat ponakan, OK. Obat-obatan? Waduh. Bila Anda berencana untuk mudik, jangan lupa membawa obat-obatan yang biasa Anda konsumsi.

Membawa obat saat mudik, apalagi mudiknya ke luar negeri bukanlah perkara mudah. Bagaimana Anda mengemas obatnya? Apakah Anda tetap patuh pada jadwal pemberian obat, sementara ada perbedaan waktu antara lokasi dengan tempat tujuan mudik? Bagaimana dengan keamanan, mutu dan kualitas obat yang Anda bawa?

Berikut tips mengelola obat saat mudik ala apoteker dari tempat tujuan dan kembali lagi:

BAWA SEMUA OBATNYA
Mudik ke Bekasi? Jangan sampai obat Anda hanya cukup sampai di Tegal. Simpan obat Anda didalam tas khusus sebagai upaya menjada keamanan dan memudahkan saat dalam perjalanan.

CEK SUHU
Mudik dengan moda pesawat, gunakan tas jinjing akan membantu melindungi obat-obatan Anda agar tidak disimpan dalam suhu yang sangat panas atau dingin, yang dapat memengaruhi seberapa baik obat tersebut  bekerja.

Bagaimana dengan moda darat dengan mobil atau bis? Jangan simpan obat di dalam laci dashboard atau bagasi,  atau malah didalam bagasi. Untuk obat-obatan yang harus disimpan di lemari es, seperti beberapa obat cair atau obat yang Anda suntikkan, masukkan obat tersebut ke dalam kantong makan siang bersekat dan tambahkan ice cube / dry ice atau kemasan cold storage.

JANGAN KEMAS ULANG OBAT
Akan mempermudah pemeriksaan (Bea Cukai, Imigrasi) di bandar udara. Pastikan obat dan obat cair Anda, tetap berada di wadah aslinya dengan label dari pabrik.

Bawa serta resep dokter atau salinannya termasuk surat keterangan dokter yang menerangkan kondisi Anda, terutama jika Anda mengonsumsi obat suntik atau obat narkotika atau psikotropika, seperti pereda nyeri.

MENGELOLA PERSEDIAAN OBAT
Pastikan obat yang dibawa cukup selama perjalanan ditambah sedikit tambahan. Akan lebih baik Anda membawa persediaan tambahan 1 pekan sebagai antisipasi jika Anda mudik lebih lama.

CATAT NAMA GENERIK OBAT
Terutama untuk yang mudik ke luar negeri, bisa jadi nama merek obat mungkin berbeda di negara lain. Jika Anda memerlukan isi ulang saat Anda bepergian, tuliskan nama generik obatnya atau serahkan salinan resep yang Anda bawa. Temukan Apoteker di tempat mudik Anda. Tanya Obat Tanya Apoteker. Terkadang, obat dengan nama merek yang sama bisa saja mengandung bahan yang berbeda.

Sebagai antisipasi, Anda bisa minta dokter menuliskan resep baru untuk obat Anda.

PERBEDAAN WAKTU
Jika mudik Anda ke luar negeri bahkan dalam negeri dengan perbedaan waktu, tentu saja akan sedikit menyulitkan. Ambil ponsel Anda, dan buat alarm untuk membantu menjaga jarak konsumsi obat sehingga dosis obat terjaga.

Ingat, jangan menggandakan dosis obat Anda, yang seharusnya diminum satu tablet, Anda langsung meminum dua tablet langsung. INI KELIRU!!!

HINDARI MATAHARI LANGSUNG
Beberapa obat, termasuk antibiotik dan statin tertentu, dapat membuat Anda lebih sensitif terhadap sinar matahari dan meningkatkan risiko terbakar sinar matahari. Cari tahu apakah ada obat Anda yang “fotosensitif”.

Terlalu banyak panas juga bisa menjadi masalah, terutama pada tambalan obat. Jadi jika Anda pergi ke iklim hangat, berhati-hatilah karena obat-obatan yang ada di patch Anda mungkin akan dilepaskan terlalu cepat.

Mintalah saran dari dokter atau apoteker Anda.