Jurnalisme Apoteker
Redaksi Warta Apoteker Menerima Artikel / Opini Sejawat Apoteker Indonesia. +62-812-1067-4892
Kantor Berita Apoteker Indonesia
Subagiyo Dot ComApoteker Indonesia
ATV Motor
ATV Motor
Kantor Berita Apoteker Indonesia

Satu Tahun Konsil Kefarmasian, Banyak Tugas Belum Selesai?

Apakah Aikbat Dari Kekurangan Anggota?

Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Menkes RI), Budi G. Sadikin, melantik Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia (KTKI) secara virtual di rumah dinas, Widya Chandra
banner 468x60

JAKARTA, WARTA-APOTEKER.com Time flies so fast, begitu cepat waktu berlalu, idiom yang tepat untuk  menggambarkan masa periode jabatan keanggotaan Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia (KTKI).

Kamis, 7 September 2023 tepat satu tahun sudah anggota Konsil Kefarmasian menjalankan peran serta  kewenangannya masing-masing.

Promo Lebaran 1445H

Dalam satu kegiatan Webinar Nasional KTKI pada Kamis, (08/06/23) terungkap bahwa Konsil Kefarmasian hanya beranggotakan 7 (tujuh) orang anggota.

Dilansir liputanfarmasi, apt. Maryani Hadi, S.Farm., MKM selaku Ketua Divisi Registrasi Konsil Kefarmasian mengungkapkan bahwa dalam menjalankan peran Konsil Kefarmasian terdiri dari 7 (tujuh) orang anggota dengan peran dan wewenang masing-masing.

PELANTIKAN ANGGOTA KONSIL KEFARMASIAN
Sesuai dengan Keputusan Presiden No. 31/M Tahun 2022 Tentang tentang Pengangkatan Keanggotaan Konsil Masing-masing Tenaga Kesehatan, diantaranya 8 (delapan) orang anggota Konsil Kefarmasian.

Menkes RI, Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC, CLU hadir secara daring melalui aplikasi Zoom, mengambil sumpah delapan (8) orang anggota Konsil Kefarmasian, yaitu:

  1. Drs. Heru Sunaryo, Apt.
  2. Dr. Azrrifitria, M.Si., Apt.
  3. Dr. Gunawan Widjaja, Apt., S.H., S. Farm, M.K.M, M.A.R.S
  4. Maryani, S.Farm, M.K.M, Apt.
  5. Noffendri, S.S.i., Apt.
  6. Dr. Priyanto, M.Biomed, Apt.
  7. Dra. Sri Sulistyati, M.M., Apt.
  8. Dra. Engko Sosialine Magdalena, M.BioMed.

BACA JUGA: KTKI: Draft Standar Kompetensi Apoteker Menunggu Pengesahan Menteri Kesehatan

Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Menkes RI), Budi G. Sadikin, melantik Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia (KTKI) secara virtual di rumah dinas, Widya Chandra (Foto: Istimewa / Kemenkes)

TUGAS KONSIL KEFARMASIAN
a. melakukan registrasi Tenaga Kesehatan sesuai dengan bidang tugasnya;
b. melakukan pembinaan Tenaga Kesehatan dalam menjalankan praktik Tenaga Kesehatan;
c. menyusun Standar Nasional Pendidikan Tenaga Kesehatan;
d. menyusun standar praktik dan standar kompetensi Tenaga Kesehatan; dan
e. menegakkan disiplin praktik Tenaga Kesehatan.

BACA JUGA: Segini Besar Hak Keuangan Anggota Konsil Kefarmasian Sebelum Pajak

SUMPAH ANGGOTA KONSIL KEFARMASIAN
Kamis, 8 September 2022 (Warta Apoteker) Didampingi oleh Pejabat Rohaniwan dari agama Islam, Kristen dan Budha, sebelum mengambil sumpah, Menkes RI menanyakan kesediaan para anggota KTKI untuk diambil sumpahnya.

“Sebelum saya mengambil sumpah, saya bertanya kepada Saudara-Saudara, apakah Saudara-Saudara bersedia, mengucapkan sumpah menurut agama masing-masing?,” tanya Budi Gunadi Sadikin.

“Bersedia,” jawab para anggota KTKI serempak. Berikut lafal yang diucapkan Menkes RI dan diikuti oleh seluruh anggota KTKI.

“Ikutilah kata-kata saya, bagi yang beragama Islam, “Demi Allah, saya bersumpah”. Bagi yang beragama Kristen, “Demi Tuhan Yang Maha Esa, saya menyatakan dan berjanji dengan sungguh-sungguh”. Bagi yang beragama Budha, “Demi Sang Hyang Adi Budha, saya bersumpah”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *