Jurnalisme Apoteker
Redaksi Warta Apoteker Menerima Artikel / Opini Sejawat Apoteker Indonesia. +62-812-1067-4892
Kantor Berita Apoteker Indonesia
Subagiyo Dot ComApoteker Indonesia
ATV Motor
ATV Motor
Kantor Berita Apoteker Indonesia

KONSEP MULTI BAR UU KESEHATAN NYATA, FIB DEKLARASI MENJADI ORGANISASI PROFESI APOTEKER

banner 468x60

YOGYAKARTA, WARTA-APOTEKER.com – Perkumpulan Farmasis Indonesia Bersatu (FIB) resmi  mendeklarasikan diri sebagai  organisasi profesi apoteker di Indonesia  pada  forum Musyawarah Nasional (Munas) Ke-3 FIB, Hari Sabtu (26/08/2023) di Hotel Arjuna, Yogyakarta.

Sehingga saat ini, secara resmi terdapat 2 (dua)  Organisasi Profesi Apoteker di Indonesia, yaitu Farmasis Indonesia Bersatu (FIB) dan Ikatan Apoteker Indonesia  (IAI).

Promo Lebaran 1445H

Ketua Presidium Nasional FIB, apt. Ismail Salim Mattula, S.Si. mengatakan FIB menjadi Organisasi Profesi  Apoteker sesuai amanat UU Nomor 17 Tahun 2023 Tentang Kesehatan.  FIB merupakan alternatif wadah profesi apoteker yang mengusung spirit baru. FIB, kata dia, secara resmi sudah sejajar dengan organisasi profesi kesehatan lainnya.

“Pasca deklarasi, FIB sah menjadi organisasi profesi apoteker, kita sudah punya  ketetapan hukum dari Kemenkumham, jadi kita resmi diakui oleh Negara. Kedepan kita akan berkoordinasi dengan Konsil Kesehatan Indonesia (KKI),” kata Ismail saat konferensi pers di daerah Tugu, Yogyakarta, Minggu (27/8/2023).

Ia menerangkan FIB adalah Perkumpulan berbadan hukum yang diakui oleh Negara berdasarkan Surat Kemenkumham dengan nomor AHU-0001375.AH.01.07.2020 tentang Pengesahan Pendirian Perkumpulan  Farmasis Indonesia Bersatu (FIB).

Ismail menjelaskan bahwa FIB menjunjung tinggi kesetaraan dalam kesejawatan, keilmiahan dan kerbukaan. Semua Keputusan organisasi diputuskan secara kolektif kolegial berbasis kepentingan Profesi Apoteker.

FIB  diarahkan untuk menjadi organisasi yang mampu memberikan benefit yang  signifikan dan konstruktif  bagi  anggotanya, Apoteker Indonesia, menjadi organisasi yang dinamis dan atraktif serta kekinian utamanya bagi  generasi Apoteker muda, tempat di mana mereka nyaman berkreassi, berinovasi dan berkembang menjadi Apoteker yang Profesional, sebagai Healthcare Service Provider yang terpercaya.

“Langkah FIB saat ini mengajak semua apoteker di Indonesia, secara riil berkontribusi dalam praktik baik di bidang apotek, komunitas, industri, herbal, kosmetik, dan distribusi menjadi rangkaian hulu-hilir dalam bingkai profesi apoteker. Begitupun bagi apoteker di bidang akademis, FIB sangat terbuka untuk bersinergi. Perwujudan profesionalisme apoteker dari hulu sampai hilir, akan sangat nyata dalam mencetak generasi Indonesia sehat.” terang Ismail

Diharapkan FIB menjadi warna baru dan sebagai antitesa masa lalu menuju masa depan apoteker yang semakin  lebih baik. Ia mengajak seluruh  Apoteker Indonesia untuk bergabung dengan Farmasis Indonesia Bersatu khususnya apoteker millenial Indonesia.

Ia mengatakan FIB-lah tempat yang paling cocok dan sesuai bagi apoteker Indonesia untuk menemukan passionnya sebagai Apoteker profesional dan sejahtera, tutup Ismail mewakili Presidium FIB.

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *