Jurnalisme Apoteker
Redaksi Warta Apoteker Menerima Artikel / Opini Sejawat Apoteker Indonesia. +62-812-1067-4892
Kantor Berita Apoteker Indonesia
Subagiyo Dot ComApoteker Indonesia
ATV Motor
ATV Motor
Kantor Berita Apoteker Indonesia

Langganan Juara, Apoteker Ari Kurnianingsih Dinobatkan Sebagai Hospital Pharmacist 2023

Penggagas Gancang Aron Inovasi Pelayanan Publik

apt. Ari Kurnianingsih, S.Si., M.Farm.Klin peraih Hospital Pharmacist of The Year 2023 pada Pertemuan Ilmiah Tahunan Himpunan Seminat Farmasi Rumah Sakit Indonesia di Palembang. (Foto: Istimewa / Koleksi Pribadi apt. Ari Kurnianigsih)
banner 468x60

PALEMBANG, WARTA-APOTEKER.com – Bukan apoteker kaleng-kaleng, begitu sebutan yang pantas disematkan kepada apoteker Ari Kurnianingsih yang baru saja dinobatkan sebagai Hospital Pharmacist of The Year 2023.

Dewan juri perlu waktu yang panjang pada tahap seleksi kedua hingga baru selesai Kamis malam pukul 00.30 WIB (Jum’at dinihari, red) untuk menentukan 3 orang nominator yang berhak menyandang Hospital Pharmacist of The Year 2023.

Promo Lebaran 1445H

Mempresentasikan essay yang sudah dikirimkan sebelumnya selama 15 menit dan menjawab pertanyaan dewan juri selama 45 menit yang terdiri dari apoteker yang memiliki keahlian, kompetensi dan pengalaman di bidangnya masing-masing.

Dewan juri yang semula berjumlah 3 orang apoteker sesuai dengan booklet kegiatan yang dibagikan panitia,  ternyata bertambah menjadi total 6 orang apoteker.

Keenam dewan juri tersebut adalah apt. Mariyatul Qibtiyah, SpFRS; apt Drs Anak Agung Raka Karsana, M.Biomed., FISqua; apt. Dra. Aziza Nuraini, M.M; apt. Nofendri Roestam, S.Si; apt. Amrizal Marzuki.,  M.Kes.,MARS., PhD; dan Dr. apt. Dra. Agusdini Banun Saptini, MARS.

apt. Ari Kurnianingsih, S.Si., M.Farm.Klin nominator Hospital Pharmacist of The Year 2023. (Foto: Istimewa / IG: @ari_kurnianingsih).

Ketiga nominator dimaksud sekaligus menyingkirkan delapan apoteker nominator lainnya adalah apt. Putu Wida Karisma, S.Farm., M.Sc. (HISFARSI PD IAI Bali), apt. Marnita,S.Farm (HISFARSI PD IAI Sumatera Barat) dan apt. Ari Kurnianingsih, S.Si., M.Farm.Klin (HISFARSI PD IAI Jawa Timur).

“Saya sangat bersyukur dan berterima kasih atas kesempatan yang diberikan oleh HISFARSI, ini memotivasi saya untuk lebih optimal lagi dalam melayani pasien, membuat inovasi-inovasi yang lebih bermanfaat dan berharap dapat mengajak seluruh apoteker untuk membuktikan bahwa kompetensi Apoteker tidak terganti,” ungkap apoteker Ari.

Pesan apt. Ari Kurnianingsih, S.Si., M.Farm.Klin untuk apoteker rumah sakit lainnya di Indonesia. (Foto: Istimewa / Koleksi Pribadi apt Ari Kurnianingsih)

“Mari memberikan bukti bahwa kompetensi apoteker tdk terganti, mari menjadi yg dicari oleh pasien karena layanan kita yg dari hati, mari selalu menghadirkan solusi dg berinovasi”
(apt. Ari Kurnianingsih, S.Si., M.Farm.Klin, Ahad 28 Mei 2023, 07:12 WIB)

Hospital Pharmacist of The Year 2023 yang baru pertama kali diselenggarakan ini merupakan awarding event yang diberikan kepada apoteker rumah sakit berupa penganugerahan atas kinerja, inovasi dan  dedikasi untuk karya dan kinerjanya di rumah sakit.

Apoteker Ari Kurnianingsih, saat ini menjabat sebagai Kepala Instalasi Farmasi dan Ketua Inovasi RSUD  Blambangan Banyuwangi, berharap kegiatan Hospital Pharmacist of The Year yang merupakan terobosan HISFARSI dan dimotori Direktorat Jenderal Farmalkes, Kemenkes RI ini dapat dilakukan pada tahun-tahun berikutnya.

FARMASI KLINIK CIRITICAL CARE
Pada kesempatan ini, apoteker Ari Kurnianingsih, alumni Farmasi Universitas Airlangga, sempat mengikuti Workshop 2 Farmasi Klinik Ciritcal Care bersama 100an apoteker lainnya turut berbagi pengalamannya.

“Kami mendapat insight untuk mengaplikasikan materi pelatihan dalam bentuk worksheet-worksheet untuk  berbagai kondisi kritis pasien, agar siapapun apoteker yg melayani pasien di ICU dapat menangkap kondisi kritis  pasien, mengkomunikasikan kondisi tersebut dengan PPA (Profesional Pemberi Asuhan, red) yang lain dan membantu memastikan pengobatan terbaik diterima  pasien,” terang Ari Kurnianingsih.

PENGGAGAS GANCANG ARON
Dilansir ANTARA Jatim (7 November 2018), program inovasi dari Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, antar obat ke rumah pasien kurang mampu yang diberikan secara gratis mendapatkan penghargaan dari pemerintah pusat yang diserahkan Wakil Presiden Jusuf Kalla kepada Bupati Abdullah Azwar Anas di Jakarta.

“Kami gembira program ini diapresiasi pemerintah pusat, serta yang terpenting mampu meningkatkan kualitas pelayanan publik bagi masyarakat sebagaimana selalu diamanatkan Pak Jokowi dan Pak Jusuf Kalla,” ujar Bupati Abdullah Azwar Anas saat dihubungi dari Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu.

Program antar obat ke rumah pasien kurang mampu itu bernama Gancang Aron, kependekan dari Gugus Antisipasi Cegah Antrean Panjang dengan Antar Obat ke Rumah Pasien. Dalam bahasa setempat, gancang aron berarti lekas sembuh.

Dampak Gancang Aron sebuah inovasi RSUD Blambangan sehingga menghilangkan waktu tunggu obat mendapat aspirasi Top 40 Inovasi Pelayanan Publik 2018, KemenPAN RI; KARS Award 2019 & Nominator International Public Service Forum UN. (Foto: Istimewa/ YouTube Ari Kurnianingsih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *