Jurnalisme Apoteker
Redaksi Warta Apoteker Menerima Artikel / Opini Sejawat Apoteker Indonesia. +62-812-1067-4892
Kantor Berita Apoteker Indonesia
Subagiyo Dot ComApoteker Indonesia
ATV Motor
ATV Motor
Kantor Berita Apoteker Indonesia

Keterbukaan Informasi Publik: Transparansi Konsil Kefarmasian Dipertanyakan?

Konsil Kefarmasian Tidak Memiliki Tugas, Fungsi Dan Wewenang Menjawab Surat

banner 468x60

JAKARTA, WARTA-APOTEKER.com – Transparansi terhadap informasi merupakan salah satu pelaksanaan  demokrasi suatu negara.

Melalui keterbukaan informasi, publik memperoleh kesempatan untuk menikmati hasil kemajuan negara dan berpartisipasi untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Promo Lebaran 1445H

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2018 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) mengamanahkan agar badan  publik yang berkaitan dengan penyelenggaraan negara membuka informasi yang berkaitan dengan kepentingan  publik.

Salah satunya Konsil Kefarmasian yang merupakan bagian dari Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia (KTKI).

Beberapa tantangan terhadap akses informasi publik yang dihadapi oleh Komisi Informasi sedunia dirasakan oleh  sejumlah lembaga di dunia, termasuk masalah keamanan data yang merupakan salah satu kejahatan besar di  Indonesia.

BUKAN TUGAS, FUNGSI DAN WEWENANG KONSIL KEFARMASIAN
Satu bulan lebih sudah berlalu, sejak surat permohonan informasi dilayangkan (Rabu, 15 Maret 2023) ke Ketua  Konsil Kefarmasian.

Belum ada jawaban tertulis dari Konsil Kefarmasian terkait permohonan informasi status salah  satu Anggota Konsil Kefarmasian yang diajukan Zaky Mubarok.

Meskipun Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia telah mendapatkan ISO 9001:2015 yaitu Sistem Manajemen Mutu dan Budaya Organisasi Pelayanan Publik.

“Katanya Konsil Kefarmasian tidak memiliki tugas dan fungsi untuk menjawab surat permohonan informasi status Ketua Umum IAI yang merangkap sebagai Anggota Konsil Kefarmasian,” jelas Zaky.

Keterangan tersebut diperoleh Zaky dari Ketua Konsil Kefarmasian melalui pesan WhatsApp. Tentu saja, hal tersebut membuat dirinya tidak puas.

Zaky menambahkan bahwa dirinya akan terus berusaha mencari informasi ke berbagai pihak terkait.

RANGKAP JABATAN ANGGOTA KONSIL KEFARMASIAN?

Detik-detik mahasiswa menyampaikan informasi rangkap jabatan Ketua Umum IAI sekaligus Anggota Konsil Kefarmasian kepada Menteri Kesehatan, Rabu 12 April 2023 di sela-sela acara Public Hearing RUU Kesehatan Omnibus Law.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *