Jurnalisme Apoteker
Redaksi Warta Apoteker Menerima Artikel / Opini Sejawat Apoteker Indonesia. +62-812-1067-4892
Kantor Berita Apoteker Indonesia
Subagiyo Dot ComApoteker Indonesia
ATV Motor
ATV Motor
Kantor Berita Apoteker Indonesia

Aksi Nyata Apoteker Jawa Tengah Dalam Mencapai Sustainable Development Goal

Kegiatan Dilakukan Dalam Bentuk Pelayanan Kesehatan dan Penanaman 1000 Pohon di Dieng

banner 468x60

BANJARNEGARA, WARTA-APOTEKER.com – Sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampui. Begitu peribahasa yang tepat untuk menggambarkan aksi nyata apoteker Jawa Tengah pada Jum’at-Sabtu,  10-11 Maret 2023.

Mengambil lokasi tepat di tengah-tengah masyarakat Dieng, apoteker yang tergabung dalam Apoteker Tanggap Bencana (ATB) Pengurus Daerah Ikatan Apoteker Indonesia (PD IAI) Jawa Tengah melakukan dua kegiatan sekaligus.

Promo Lebaran 1445H

“Aksi nyata apoteker dari beberapa Pengurus Cabang (PC) IAI di Jawa Tengah kali ini, merupakan jawaban atas panggilan kepada apoteker untuk memberikan solusi atas dua masalah besar yakni perubahan iklim dan stunting,” jelas apoteker Tur Istanto.

Apoteker Tur Istanto menambahkan perubahan iklim terdaftar oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai tantangan kesehatan yang mendesak untuk dekade berikutnya.

Pemanasan global antropogenik menimbulkan kejadian cuaca ekstrem dan polusi udara, yang pada gilirannya berdampak negatif terhadap kesehatan manusia.

Demikian pula dengan stunting merupakan salah satu target Sustainable Development Goals (SDGs) yang termasuk pada tujuan pembangunan berkelanjutan ke-2 yaitu menghilangkan kelaparan dan segala bentuk malnutrisi pada tahun 2030 serta mencapai ketahanan pangan.

Apoteker diposisikan secara unik dan terampil sebagai profesional perawatan kesehatan tepercaya dan pemimpin  klinis untuk mengambil peran kepemimpinan dalam gerakan lingkungan.

Kegiatan yang mengambil tema “Pencegahan Prevalensi dan Penangangan Stunting di area PT Geo Dipa Energi  (Persero) merupakan rangkaian CSR PT Geo Dipa Energi (Persero) Pusat dengan PERKEDWI Banten, PD IAI Jawa  Tengah dan Puskesmas Batur 2 Banjarnegara.

Kegiatan lainnya adalah giat penanaman 1.000 pohon berupa bibit pohon akasia dan alpukat yang ditanam di tanah PERHUTANI BKPH Karangkobar.

PELAYANAN KESEHATAN
Hari pertama, Jum’at 10 Maret 2023 dilakukan giat pelayanan kesehatan yang dibagi menjadi dua titik lokasi yaitu di Kantor PT Geo Dipa Energi (Persero) Unit Dieng dan Desa Kepakisan.

Tercatat tidak kurang 725 orang yang memanfaatkan pelayanan kesehatan masyarakat sekitar seperti Desa  Kepakisan, Desa Pekasiran, Desa Dieng Kulon, kecamatan Batur dan Desa Sikunang, Kecamatan Kejajar Wonosobo.

Menurut Kepala Puskesmas Batur 2 Banjarnegara, dokter Figur Puspito, menyampaikan Puskemas Batur 2  bergabung dalam pelayanan kesehatan tersebut berupa kegiatan skrining dan pemeriksaan gula darah karena  berkaitan dengan kegiatan posbindu PTM.

“Kami mewakili Pengurus Daerah (PD) IAI Jawa Tengah, menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu seluruh kegiatan kali ini. Utamanya kepada PT Geo Dipa Energi (Persero) sebagai program Corporate Social Responsibility (CSR)-nya kepada masyarakat,” terang Wakil Ketua V PD IAI Jawa Tengah, apoteker Teguh Uji Sungkowo,S.Si,. M.Farm.[Klin].

Apoteker Tanggap Bencana PD IAI Jawa Tengah Berfoto Bersama Sesaat Sebelum Melakukan Pengobatan Gratis. (Foto: Isitimewa / Dokumen Pribadi Tur Istanto)

Apoteker Teguh berharap dalam kegiatan CSR salah satunya CSR dari PT Geo Dipa Energi (Persero) bisa  diperuntukkan untuk supporting Apoteker  Tanggap Bencana PD IAI Jawa Tengah, berupa kendaraan operasional obat.

Aset ini nantinya bisa di pergunakan oleh sejawat  apoteker Jawa Tengah dalam melaksanakan kegiatan Apoteker  Peduli untuk membawa bantuan atau donasi  kemanusiaan yang akan di distribusikan ke wilayah-wilayah  terdampak bencana.

Di sela sela akhir kegiatan, Ketua Tim PERKEDWI, dokter Arius mengucapkan terimakasih atas kerjasama yang  luar biasa dengan PT Geo Dipa Energi (Persero), serta kerjasama IAI Banten dengan IAI Jateng, serta berharap tetap lanjut berkejasama di kegiatan berikutnya.

PENANAMAN BIBIT POHON
Hari kedua, Sabtu 11 Maret 2023, untuk Giat Penanaman 1000 Pohon, PD IAI Jawa Tengah melakukan sinergisitas  dengan PERHUTANI Karangkobar,  Palawi, Pemdes Dieng Kulon serta LMDH Pangonan Lestari Dieng Kulon. Dalam Giat Penanaman Pohon PD IAI  Jawa Tengah menanam 500 bibit pohon.

Menurut Ketua Bidang ATB PD IAI Jawa Tengah, apoteker Tur Istanto, PD IAI Jawa Tengah menanam 150 bibit  pohon Akasia dan 350 bibit pohon Alpukat dan menyerahkan ke LMDH  Pangonan Lestari untuk perawatannya.  Dalam Giat Penanaman 1000 pohon ini dilakukan di tanah Perhutani BKPH Karangkobar, Desa Dieng Kulon.

PD IAI Jawa Tengah menyerahkan 150 bibit pohon Akasia dan 350 bibit pohon Alpukat ke LMDH Pangonan Lestari Dieng Kulon

53 apoteker Jawa Tengah yang terlibat dalam Giat Pelayanan Kesehatan dan Giat Penanaman 1000 pohon 10-11  Maret 2023 yaitu dari Pengurus Cabang Banjarnegara, Wonosobo, Kendal, Purbalingga dan Kabupaten Magelang.  “Semoga di kegiatan selanjutnya akan mengundang beberapa apoteker Pengurus Cabang lain yang terdekat dengan  wilayah Dieng”  lanjutnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *