Kantor Berita Apoteker Indonesia
banner 120x600
banner 120x600
banner 970x250

Amicus Curiae: Kuasa Hukum Mengadukan Tindakan Ilegal PN UKAI Ke Komnas HAM

Dokumen Gugatan Ke PTUN Jakarta Dan PN Jakarta Barat Ikut Dilampirkan

Unjuk rasa menyampaikan aspirasi di sekitar Istana Negara. (Foto: Istimewa / rri.co.id)
banner 468x60

JAKARTA, WARTA-APOTEKER.com – Selain berunjuk rasa, mereka juga mendatangi kantor Komnas HAM. Mereka membuat pengaduan yang diwakili oleh kuasa hukum mahasiswa, dari LKBH Universitas 17 Agustus 1945 (UTA ’45) Jakarta, atas tindakan PN UKAI yang dinilai ilegal.

“Jadi pengaduan kita adalah amicus curiae. Yaitu meminta pendapat hukum kepada Komnas HAM, dan telah diterima,” ungkap tim kuasa hukum mahasiswa, Bambang Prabowo, SH.

Mayyasa Cosmetics

BACA JUGA
Jokowi Diminta Turun Tangan Atasi Polemik Uji Kompetensi Apoteker

Melengkapi pengaduan, mereka menyerahkan ke Komnas HAM dokumen terkait gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara dan gugatan perbuatan melawan hukum (PMH) ke Pengadilan Negeri Jakarta Barat.

Gugatan itu sendiri terkait legalitas PN UKAI, yang dinilai tak memiliki payung hukum, serta sepak terjang mereka yang dianggap merugikan mahasiswa secara materil dan imateril.

“Untuk dugaan pelanggaran HAM-nya, yaitu mereka (pihak PN UKAI) membuat pengangguran calon apoteker seluruh Indonesia, secara ilegal. Diduga melakukan pemerasan terhadap mahasiswa calon apoteker seluruh Indonesia,” kata Bambang.

BACA JUGA
Alumni Farmasi ITB Minta Jokowi Bubarkan KFN

Sementara, pihak Komnas HAM berjanji akan menindaklanjuti pengaduan mahasiswa. “Semoga dugaan pungli yang dikeluhkan kawan-kawan oleh PN UKAI, bisa terungkap.

Untuk selanjutnya biarkan kami bekerja sesuai UU HAM, setelah itu baru kami akan memberitahukan perkembangan dari pengaduan teman-teman,” ujar salah seorang perwakilan Komnas HAM.

Sumber: rri.c.o.id

banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *