Kantor Berita Apoteker Indonesia
banner 970x250

Takut Memberikan Sirup Parasetamol Buat Anak? Apoteker Punya Solusinya

apt. Roviq Adi Prabowo, RFP., CT. NNLP

apt. Roviq Adi Prabowo, RFP., CT. NNLP (Foto: Istimewa/Facebook)
banner 468x60

SOLO, WARTA-APOTEKER.COM – Masyarakat beberapa hari ini disuguhkan berita, adanya gangguan ginjal akut pada sekitar 180-an anak di Indonesia yang konon disebabkan karena pelarut obat sirup parasetamol, yaitu : Etilen Glikol (EG) atau Dietilen Glikol (DEG).

Seperti diketahui bersama, parasetamol ( para a- set-il am-ino fen- ol ) adalah obat : penurun panas, demam, pusing dan penghilang nyeri yang lemah.

banner 336x280

Umumnya, dalam sediaan sirup, terkandung 120 mg parasetamol per 5 ml  takaran sendoknya.

PARASETAMOL PENYEBAB GANGGUAN GINJAL AKUT?
Apakah benar, parasetamol syrup penyebab ganggual ginjal akut pada anak?

  1. Ini belum final ! benar atau tidaknya jika gangguan ginjal akut pada anak tsb dikarenakan parasetamol sirup, masih perlu penelitian lanjut oleh praktisi Apoteker yang ahli dalam analisis obat, juga berkolaborasi dengan tenaga medis lain untuk menelitinya,
  2.  Saat anak panas & demam, bisa dilakukan terapi non-obat terlebih dahulu, yaitu dikompres hangat, juga jika perlu dengan support pemberian imunosupportif (peningkat imun)
  3.  Sebagai kewaspadaan ketika anak panas, silahkan kunjungi Apoteker dan masyarakat tidak perlu khawatir! Apoteker yang praktik di apotek akan memberikan solusi lain, untuk mengobati anak anda selain dengan parasetamol sirup. Ada obat lain, yang bisa dipakai untuk menurunkan panas, demam, pusing dan menghilangkan nyeri, selain parasetamol dalam bentuk sirup. Apoteker bisa memilihkan parasetamol dalam bentuk tablet hisap, yang disukai anak anda. Dosis nya pun akan diinfokan, agar terapinya efektif dan lekas sembuh.
  4. Apoteker juga bisa memberikan solusi dalam bentuk puyer parasetamol, dimana dosisnya akan dihitungkan secara personal sesuai dengan berat badan anak anda.

Khawatir rasa pahit??? Tidak perlu takut, karena Apoteker anda juga memiliki solusi pemanis yang aman, untuk mencampur parasetamol puyer tersebut agar lebih ‘enak’ buat anak.

Nah, dengan demikian anda tidak perlu khawatir lagi saat anak panas, demam, pusing dan nyeri. Temui Apoteker anda yang berpraktik, dan ada banyak solusi yang akan diberikan.

banner 336x280
banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *