Kantor Berita Apoteker Indonesia
banner 120x600
banner 120x600
banner 970x250

ILUNI Farmasi Mendukung Calon Ketua IAI Yang Memperjuangkan UU Praktik Apoteker

Transformasi Besar Ikatan Apoteker Indonesia Mendesak Dilakukan

banner 468x60

CILEUNGSI, WARTA-APOTEKER.com – Menjelang perhelatan akbar Kongres IAI XXI, beberapa nama kandidat bermunculan dalam hasil survei, salah satunya adalah apt. Drs. Chairul Anwar, anggota DPR RI empat periode yang juga menjabat sebagai Ketua Ikatan AlumniĀ  Universitas Indonesia (ILUNI) Farmasi.

Kongres IAI XXI sendiri dijadwalkan berlangsung sejak 28-30 Juni 2022 di salah satu hotel di Lampung dengan peserta/peninjau kurang lebih 630 orang.

Mayyasa Cosmetics

Meski sebelumya memenuhi undangan Korwil I IAI dan sempat melakukan safari ke beberapa daerah menemui para Ketua PD IAI, apt. Drs. Chairul Anwar nampaknya belum dapat dipastikan apakah dirinya akan mengikuti kontestasi Ketua IAI periode 2022 – 2026 atau tidak.

Safari yang dilakukan Chairul memang bukan tanpa alasan, hal tersebut dilakukannya karena adanya dorongan dari para alumni Farmasi UI yang meminta dirinya untuk mengikuti kontestasi pada pemilihan Ketua IAI periode 2022-2026.

Chairul Anwar yang dikenal sebagai pengusul RUU Kefarmasian yang kemudian berubah menjadi RUU Praktik Apoteker merasa memiliki tanggungjawab moral atas profesinya. Sebagai anggota kehormatan Persatuan Perawat Nasional Indonesia atas jasanya melahirkan UU Praktik Keperawatan tentu dirinya menginginkan juga profesinya sebagai apoteker memiliki UU Praktik Apoteker.

TRANSFORMASI IKATAN APOTEKER INDONESIA
Salah satu harapan ILUNI Farmasi adalah keseriusan IAI untuk merancang dan melakukan advokasi RUU Praktik Apoteker agar menjadi prioritas bersama. Hal tersebut tak lain untuk mewujudkan kepastian hukum dalam melakukan praktik Apoteker.

Sementara harapan lainnya yang sangat menarik adalah adanya kepemimpinan IAI yang inklusif, kolaboratif dan merangkul seluruh elemen apoteker Indonesia sehingga tidak ada kesempatan dibentuknya organisasi profesi seperti halnya yang terjadi di profesi lain.

PERS RILIS ILUNI FARMASI

ILUNI FARMASI UI sebagai pemangku kepentingan di dunia Farmasi utamanya Apoteker Nasional memandang penting adanya transformasi besar di dalam Ikatan Apoteker Indonesia dalam rangka mencapai tujuan nasional Indonesia Emas 2045. Bertepatan dengan keberlanjutan estafet kepemimpinan di Ikatan Apoteker Indonesia, ILUNI FARMASI UI mendorong CALON KETUA UMUM IAI PERIODE 2022-2026 sebagai berikut:

1. Mendorong Kepemimpinan Ikatan Apoteker Indonesia yang Inklusif, Kolaboratif dan Merangkul semua elemen apoteker Indonesia sehingga tidak ada ruang pembentukan organisasi sejenis.

2. Mendorong Ikatan Apoteker Indonesia serius merancang dan melakukan advokasi Rancangan Undang-Undang Praktik Apoteker menjadi prioritas bersama untuk mewujudkan kepastian hukum dalam melakukan praktek Apoteker serta pengembangan profesi untuk memberikan dampak terhadap kenyamanan pelayanan masyarakat.

3. Mendorong Ikatan Apoteker Indonesia melakukan inovasi platform digital dalam layanan keanggotaan, peningkatan kapasitas setiap insan Apoteker, dan inovasi praktik kefarmasian yang berorientasi pada anggota, tidak membebani anggota diluar kewajaran sehingga memberikan manfaat sebesar-besarnya.

4. Mendorong Ikatan Apoteker Indonesia berkolaborasi dengan organisasi terkait dalam peningkatan kualitas profesi apoteker melalui pendidikan yang adaptif dan inovatif di era digital untuk menghadapi tantangan persaingan global.

5. Mendorong Kepemimpinan Ikatan Apoteker Indonesia yang berintergritas, berdedikasi dan melakukan prinsip Good Organization Governance termasuk tata kelola keuangan transparan dan SDM inklusif pada organisasi IAI untuk kemajuan apoteker Indonesia.

ILUNI FARMASI UI berkomitmen mendukung, mengawal, dan siap melakukan peran strategis dalam membangun profesi Apoteker yang Inklusif, Mandiri, dan Inovatif sehingga terwujudnya Apoteker profesional yang mampu meningkatkan kualitas hidup sehat bagi masyarakat.

Ttd
Apt. Drs. Chairul Anwar
Ketua ILUNI FARMASI UI

Apt. Abdelhaq S.Farm., M.Farm.Ind
Sekjend ILUNI FARMASI UI

banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *