Kantor Berita Apoteker Indonesia
banner 120x600
banner 120x600
banner 970x250

Eng ing eng, RUU WasPOM kembali dibahas?

banner 468x60

Cileungsi, WARTA-APOTEKER.com – Universitas Pelita Harapan (UPH) mendapatkan Kunjungan Kerja Spesifik (Kunspik) dari Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) pada beberapa waktu lalu secara daring.

Kunjungan DPR RI ke kampus Universitas Pelita Harapan tersebut dalam rangka membahas Rancangan Undang Undang (RUU) tentang Pengawasan Obat dan Makanan (POM).

Mayyasa Cosmetics

Kunjungan virtual dari Komisi IX DPR RI disambut baik oleh Rektor UPH, DR. (Hon.) Jonathan L. Parapak beserta dengan jajaran rektorat dan para Dekan Fakultas UPH.

Ketua tim Kunspik dari Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, diwakili oleh Charles Honoris, merangkap sebagai Tim Panitia Kerja (Panja) RUU POM.

“Undang-Undang tentang POM sangat diperlukan untuk mengatur pengawasan obat, kosmetika, dan pangan olahan secara khusus sehingga dapat memberikan perlindungan kepada masyarakat. Maka, kami memerlukan rekan diskusi dan masukan dari berbagai stakeholders termasuk lingkup akademisi seperti UPH, karena UPH merupakan salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia yang memiliki ekspertis di bidang obat-obatan dan makanan olahan,” ungkap Charles.

Kunspik DPR RI kepada UPH sendiri memiliki tujuan untuk mendapatkan masukan kongkret dari para akademisi di UPH sebagai substansi yang diatur dalam penyusunan RUU dan nantinya akan dijadikan bahan untuk memfinalisasi RUU POM.

Rektor UPH pun menyambut baik penjelasan pihak Komisi IX DPR RI pada kunjungan virtual tersebut.

“Secara umum, sistem pengawasan obat dan makanan sudah cukup baik. Yang masih perlu ditingkatkan adalah keterlibatan para pemangku kepentingan dalam pengawasan. Untuk itu, dukungan sistem informasi yang terpadu dan mudah diakses oleh masyarakat luas sangat dibutuhkan, baik untuk sarana pengaduan maupun penyebaran informasi yang tepat,” ujar Rektor UPH.

Artikel ini sudah tayang di KalderaNews.com dengan judul: “UPH Ditunjuk Komisi IX DPR RI Sebagai Mitra Diskusi Dalam Penyusunan RUU POM”

banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *